Sunday, August 30, 2009

RENDANG YANG MENENDANG

Kunci keberhasilan memasak rendang, kudu TLATEN & SABAR!! Prosesnya awalnya gampang, smuanya dicemplungin jadi satu tapi begitu santan mulei kental berminyak maka kudu rela nyeret kursi ngadep kompor sambil mengaduk2 rendang selama beberapa jam!! Tapi hasilnya sangat layak untuk menebus segala keletihan & kebosanan selama mengaduk2 :D :D
Tingkat kekeringan rendang bisa disesueikan selera, ada yang suka masih berkuah merah (namanya jadi kalio daging, bukan rendang), ada juga yang demen berkuah kental dengan warna mulei kecoklatan. Tapi kalo gue, nyammm… jauh lebih demen yang kering berdedak. Rasanya nikmaaaaatt… bangedd, praktisdibawa pergi2 soale ga gampang tumpah & daya tahannya lama.

Ini ada beberapa tips dalam memasak rendang yang nendang banget, especially untuk menghasilkan bumbu kering yang pekat, wangi & lebih banyak dedaknya:

* Sereh: potong 3cm dari pangkalnya dan haluskan bersama bumbu lain, sementara bagian batangnya tetep dimemarkan ajah kek biasa.
* Daun jeruk: buang tulang daunnya & sobek2 tanpa terputus. Setengah bagiannya ikutan dihaluskan juga, setengah lainnya dicemplungin ajah kek biasa.
* Lengkuas: Banyak resep rendang yang lengkuasnya dimemarin doang. Kalo gue, diblender abis!
* Aer klapa: Nah… amper ga perna denger kan rendang pake aer klapa? Gunakan smua aer klapa untuk meres klapanya. Santan yang dihasilkan akan lebih legit & wangi serta menghasilkan warna rendang yang pekat.
* Kunyit: Gue GAK PAKE kunyit karna warna akhirnya kurang cantik.
* Pekak aliyas Bunga Lawang aliyas Star Anise: Ini bumbu sakti yang bikin rasa rendang jadi extremely nendang buangeeeeettthhhh…. Karna ni kembang teksturnya keras banget kek kayu, didihkan bentar bareng santan sampe mulei lembut, tiriskan & blender bareng bumbu lain.

Kalo mo dedaknya banyak, pake lengkuas+jahe+sereh yang rada banyak dan diblender abis, jangan ada yang digeprak. Serat bumbu ini akan menambah rasa yang lebih mantep sekaligus menambah volume dedak.

Selain itu ada dua cara yang lazim:

* Pake santan kentalnya thok! Cara ini aku dapet dari ibunya temenku. Blio sampe bela2ain meres kelapa pake kain karena untuk 1 butir kelapa blio hanya ambil santannya 1 gelas…! Jadi kalo pengen santan seliter ya brarti 10 butir kelapa. Aku gak sanggup pake cara ini buhuuuuuuu…. :( susah meresnya. Tapi hasilnya emang bener2 berdedak pekat
* Pake kelapa parut, sangrai sampe bener2 kering (pake api keciiiilll), lalu haluskan sampe bener2 halus & berminyak (pake cobek, ga bakal bisa pake blender). Masukin bareng daging boleh, masukin setelah daging setengah empuk boleh, ato masukin saat kuah mulei kental juga noproblem. Tapi aku biasanya masukin bareng daging. Ini cara yang paling sering aku pake (aduh, kok lali yo… aku gak nyebut kelapa sangrai ini di blog. Thanx for asking, jadi keinget nih… ntar blog-ku ta’revisi deh)

Pengalaman aku (saat dibikin bener2 kering loh…) paling lama 3 hari masi oke aja. Masalahnya, di hari ke-3 itu rendangnya udah tinggal dikit dan sekalian diabisin, jadi lom perna sengaja nyimpen lebih dari 3 hari & ngga tau juga gimana kalo lebih dari 3 hari.

Kalo pake kentang kecil (iya, gausah dikupas biar ga gampang hancur), masukin saat daging setengah empuk. Kalo pake kacang merah aku lom perna coba.

Sharing dikit, benernya sebagus & selembut apapun jenis dagingnya, kalo dibikin bener2 kering dagingnya akan alot karena ngalamin dehidrasi. Aku lebih suka rendang yang sekedar kering gitu aja, pas digigit masi enak ngga butuh energi besar :D cuman resikonya ngga terlalu awet seh.
Tapi kannnn…….. balik ke selera masing2. Kalo suka yang bener2 kering monggo aja…. cocok buat oleh2 & traveling.

—-

Tambahan Catatan :

Dani :
Ato gini kali ya…
Kalo dagingnya udah empuk, tapi belum kering, angkat dulu dagingnya. Pas kuahnya udah kering, baru masukin lagi dagingnya. Trus diaduk-aduk. Gitu kali ya, Li..

Uni Dewi :
Rendang yg kering dan berdedak itu tahan diluar selama 4hari, tapi teteb harus diangetin, krn bahan dasarnya khan santan..bisa tengik juga rasanya….
Tapi gw kalo bikin rendang kering githu gak terlalu keras koq….asal motong dagingnya sesuai serat (memanjang), dan pake daging silver side (gw gak tau namanya dipasar traditional), kalo mamaku suka bikin pake daging gandik (paha).
Bisa juga dng cara dani ini, diangkatdulu dagingnya trus di keringin santannya, baru dicampur lagi, tapi kalo begini dagingnya gak ikut jadi awet…krn dalemnya masih basah….

Pokoke utk bikin rendang aku pake 6 kelapa utk 1kg daging, meresnya pake air hangat dan tenaga laki2, jadi bener2 kentel deh…
Selain pake kelapa sangrai tambahin juga ati sapi rebus yg digiling halus (mungkin diganti liver pasta juga ok, aromanya sama sih), ini dimasukin bareng bumbu2 halus…
Kalo mo ditambahin kentang kecil, gak perlu dikupas kulitnya, masukinnya kalo santan udah mulai sedikit mengental…kalo kacang merah gw gak tau, gak pernah pake….biasanya kacang merah itu agak keras dan lama rebusnya

Daging dan bumbu2 halusnya diungkep dulu sampai air dagingnya keluar dan kering, setelah itu baru deh dituangin santan encer, aduk janga sampe pecah, terakhir baru deh dimasukin santan kentalnya, masak sampai menjadi dedak…

Masukin bumbu lainnya dan daun2an setelah santan encer masuk, kalo santan kental udah masuk, apinya kecilin, masak sampe menjadi dedak….ngaduknya sekali2 aja agar daging gak ancur, kalo ngaduk gak perlu di aduk semua cukup bagian bawah aja yg kita korek utk mencegah hangus dibawahnya…

Bikin rendang mau pake santan kental langsung juga gak ada yg marah….mau dipakein santan encer dulu biar cepet mendidihnya (kayak gw) jg gak masalah….
Tapi kalo hubungan ditumis dulu biar gak pecah itu apa ya….aku gak pernah ditumis gak pernah pecah (ancur) tuh dagingnya…pilih daging gandik or top side kalo mau rendang yg item aseli minang itu….
Masalahnya kalo ditumis lagi, tambah minyak lagi, sementara nantinya santan rendang tsb sudah menghasilkan minyak yg buanyakkk bener….jadi lebih baik gak usah ditumis…..githu loh….

Ine:

Temanku yang orang minang asli, ngajari bikin rendang juga nggak di tumis. Persis spt cara Dewi.
Kiatnya spy daging nggak hancur, ketika daging udah empuk dan santan belum mengering (ber-dedak ?) daging di tiriskan dulu, lanjutkan masak santan sambil di aduk2 sampai nyaris kering, cemplungin lagi dagingnya, lanjutin masak sebentar.

Rifa:
Sepengalanman ngeliatin nyokap buat ( hehehee.. soalnya gak pernah ngerjain) bumbu komplit di giling kec daun2 dan laos. Nah kelapanya nya ini yang menentukan banyak or enggak dedaknya.Kalo rendang asli padang, gak main dengan kelapa yang disangrai melainkan dengan santannya (spt mbak siapa gitu.. bil) bisa perbandingan 1 kg daging : 10 kelapa tapi ini bisa jd banyak buanget.

nah tergantung keperluan ajah bisa dimodif untuk kekeringannya juga. setelah santan dan bumbu mengelegak dan berwarna orange tua baru masukin daging (jangan kecepetan nanti hancur) nah tingkat kekeringan bisa disesuaikan denagn keinginan kalo masih basah2 dan warna belum coklat namanya kalio kalo udah coklat menuju hitam baru namanya rendang.
jangan lupa selalu mengaduk biar gak hangus dan pake sarung tangan sampe ke sikut biar gak kena gunung meletusnya

Lia:

Jangan pake pengempuk ntar malah ancur berkeping2.
Kunci bikin rendang bukan empuknya daging, tapi justru gimana bisa menghasilkan kuah yang pekat (ato dedak kalo kering). Ya ini nih yang bikin masaknya jadi luamaaa…
Kalo ke supermarket beli aja “daging rendang”, udah bentuk potongan dan emang khusus rendang.
Kalo beli di pasar, pilih bagian paha (chuck), gandik (silverside), ato bagian punuk (blade). Aku sendiri biasa pake yang paha.
Dan kebanyakan penjual daging juga udah tau kok mana yang cocok untuk rendang.


link: http://ncc.blogsome.com/2005/10/20/diskusi-milis-rendang-harus-nendang/
Tags: rendang, tendangan, silat, masakan, ciat, sedap, enak, nikmat
2 comments share

Blog Entry BISNIS MLM: TIPS & TRIK Aug 23, '08 12:07 PM
for everyone

Apa yang Anda lakukan ketika diajak ikut bisnis multilevel marketing (MLM)? Males, bete, atau antusias? Bila Anda termasuk jajaran orang yang bete dan males, Anda kudu open mata, coy!

Karena bisnis ini memberikan peluang bagi Anda untuk menjadi seorang pemasar andal tanpa harus repot-repot merogoh kantong untuk kuliah marketing.

Bahkan bila Anda serius menjalankannya, pendapatan Anda tak kalah gedenya dengan pengusaha besar.

Untuk Anda yang tertarik mencoba bisnis MLM Financial Planner, Mike Rini Sutikno dari kantor ‘Mike Rini & Associates’ (Financial Counselling & Education) memberikan penjelasanya seputar MLM lengkap dengan trik dan tipsnya memilih MLM khusus untuk Anda, pembaca RM Blitz!:

Keuntungan MLM

Menurut Mike ada berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila berbisnis MLM. Pertama sistem bisnisnya sudah terbukti berhasil dan memiliki standar operasional yang sudah dijalankan dengan baik. ”Jadi mereka yang bergabung tinggal mengikuti kaidah yang telah ditetapkan,” katanya.

Ini sangat berbeda bila Anda mencoba bisnis sendiri. “Sebab memerlukan dana yang tidak sedikit dan Anda juga perlu membuat sistem sendiri,” jelas wanita yang juga menjabat sebagai Partner & Business Developmet di Hijrah Institute.

Selain itu MLM memiliki merek atau nama dagang yang sudah terkenal di masyarakat. “Jadi untuk mereka yang ingin membuka usaha, MLM sangat terjangkau karena selain merek sudah dikenal, modalnya sangat ekonomis, Anda juga dilatih untuk menjadi pemasar andal,” tambah Mike.

Motivasi

“Inti dari kesuksesan bisnis MLM adalah harus menjadi pemasar yang ulung, tidak hanya dalam menjual tapi juga dalam recruitment dan ini sangat tergantung pada individunya,” tekan konsultan muda ini.

Maka dari itu, Mike menyarankan untuk memantapkan motivasi dan tujuan terlebih dahulu sebelum memutusan untuk berbisnis MLM. Bukan hanya sekadar ikut-ikutan atau nggak enak hati karena diajak kakak, temen atau yang lain.

“Tujuan orang berbisnis atau berinvestasi adalah bagaimana ia bisa mengembangkan kekayaannya, mengakumulasi kekayaannya serta mendapatkan income,” kata wanita kelahiran Jakarta, 12 Maret 1974 ini.

Bagaimana agar tujuan itu tercapai? Konsultan cantik ini mengatakan, Anda harus memilih MLM yang tepat.

Support System

Dalam memilih MLM pertama-tama Anda harus melihat support system-nya. Apakah di MLM itu ada support system untuk seluruh anggotanya sehingga dengan sedemikian rupa orang bisa dilatih dan menjadi pemasar yang ulung. Yang tadinya tidak bisa jualan jadi bisa, yang tidak bisa networking jadi jago, dan yang tidak bisa berpromosi bisa menjadi promosi ulung. “Sangat penting untuk melihat pelatihan dan pendidikan yang diberikan kepada orang yang bergabung,” aku Mike.

Bagaimana melihatnya? “Lihat orang yang mengajak Anda, dia ngurusin Anda apa tidak? Selalu memotivasi Anda tidak? Bagaimana dia memperlakukan Anda, bila dia oke maka kebelakangnya pasti bagus sebab dia adalah gerbang pertamanya,” ucap jebolan AKP-LPI 1996 ini.

“Keberhasilan MLM sangat ditentukan oleh aspek individu dan keberhasilan individu sangat ditunjang oleh support system yang bagus seperti pelatihan dan pendidikan,” tekan Mike.

SDM Yang Mendukung

Ini bisa Anda lihat dari orang yang mengajak Anda, para pelatih dan pengajarnya. Seberapa panjang birokrasi yang perlu Anda lewati untuk bertemu atasan Anda. MLM yang bagus adalah yang pimpinannya bisa dihubungi kapan saja bahkan mau bertemu dan mengunjungi Anda.

Produknya

Kepercayaan pada suatu produk berpengaruh besar saat Anda akan menawarkannya nanti. Makanya pilihlah produk yang tidak hanya Anda sukai tapi Anda juga memakai dan mempercayainya.

“Misalnya, Anda suka kosmetik tapi Anda memilih produk elektronik. Nggak akan nyambung, ini hanya membuat beban bagi Anda. Jadi pilihlah yang memang Anda sukai dan nyaman saat Anda menjualnya,” jelas Mike.

Komisi

Pembagian komisi sangat penting, komisi sendiri terbagi-bagi ada dari hasil penjualan, omset group, komisi recruitment. Jadi harus jelas, apakah dibagi dalam bentuk uang, bentuk barang seperti motor, atau liburan?

“Pilihlah yang perhitungan komisinya jelas, transparan dan mudah dimengerti sehingga Anda tidak memerlukan waktu lama untuk memahaminya dan yang Anda sukai,” saran Mike.

Hati-Hati Money Game

Sistem perhitungan komisi yang berjenjang dalam MLM sering digunakan oleh praktik money game yang memirip-miripkan padahal tidak mirip. Ciri-cirinya adalah, biaya recruitment-nya lebih tinggi dari MLM biasa, misalnya MLM hanya Rp 100-200 ribu, money game bisa dikenakan biaya 1 juta.

MLM pasti ada barang sedangkan money game bisa ada barang dan bisa tidak dan harga barangnya pun di luar batas normal. “Misalkan untuk sebuah pasta gigi harganya bisa mencapai Rp 300 ribu atau lebih dengan kualitas yang tak jauh berbeda dari produk sejenis,” terang Mike.

Selain itu Anda mendapatkan keuntungan dari uang recruitment, MLM tidak pernah membagi uang recruitment. Anda harus hati-hati agar tidak terjebak dalam praktik money game karena di Indonesia tidak ada hukum untuk melindungi mereka yang dirugikan.

Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI)

Lihat apakah perusahaan MLM itu masuk dalam anggota Asosiasi Penjualan langsung Indonesia (APLI). Bila masuk maka Anda aman tergabung dengannya karena yang masuk APLI sudah memiliki standar baku yang harus dimiliki setiap perusahaan MLM. Kenapa ini diletakkan di bekakang?

“Agar Anda berpikir lebih sistematis sebab memilih bisnis MLM itu ibaratnya memilih apel dan apel semuanya sama tapi mana yang cocok dan bisa membuat tujuan Anda tercapai. Untuk mendapatkan itu bisa dilihat dari tips-tips sebelumnya,” tungkas Mike.

tianshi sponsor id: 86898498

Link: http://seribusatumalam.wordpress.com/2008/06/10/tip-dan-trik-bisnis-mlm-syariah/

No comments:

Post a Comment