Sunday, August 30, 2009

BAGAIMANA CARA BERDAKWAH?


Biasanya, seseorang itu akan bekerja atau dapat melakukan sesuatu jika ada perintah atau ada suatu beban atau tugasan.Insyallah dalam kesempatan ini, saya akan aktualkan fasiliti blog ini di dalam merakam dakwah yang saya lakukan sehari-hari.

Apa itu Metode Dakwah?
Metode artinya: Cara yang teratur dan sistematis untuk pelaksanaan sesuatu; cara kerja . Metode juga berarti: Prosedur atau cara memahami sesuatu melalui langkah yang sistematis. Sedangkan dakwah adalah: Sebagaimana yang kami sebutkan di atas, yaitu menyampaikan ayat-ayat Allah Subhanahu wa Ta’ala dan sunnah Rasulullah Shallallahu ‘Alahi wa Sallam.
Metode dakwah berarti : Suatu cara atau teknik menyampaikan ayat-ayat Allah dan Sunnah dengan sistematis sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Dakwah di zaman yang serba modern dan canggih ini diperlukan metode yang canggih dan modern pula. Sebab jika tidak adanya keseimbangan antara metode dakwah dan kondisi zaman, maka materi dakwah yang disampaikan tidak sampai pada sasaran. Sekarang ini kita hidup di era yang disebut dengan era persaingan ilmu pengetahuan dan teknologi modern. Semua aspek kehidupan di jalankan oleh mesin-mesin robot yang serba modern. Umat ghairul Islam dalam menyampaikan dakwahnya di daerah transmigrasi sudah menggunakan pesawat terbang, sementara itu para da’i kita dalam menyampaikan dakwahnya di daerah tranmigrasi harus berjalan kaki yang membuat waktu tersita begitu banyak. Menurut penulis metode dakwah itu ada dua, yaitu : Metode dakwah kultural dan dakwah kontemporer.

Kita akan elaborasi term dakwah kultural dan kotemporer pada lain kesempatan.

No comments:

Post a Comment